MEMILIKI PERTANYAAN ? +62 361 931 1605

blog-details

Peduli Sektor Pertanian, Untab Berikan Kemudahan Kepada Mahasiswa Prodi Pertanian

17-Jan 2019

Peduli terhadap sector pertanian, Universitas Tabanan turut berpartisipasi menggugah minat generasi muda untuk kembali menekuni dunia pertanian.

Untuk itu, Untab yang kini berusia 37 tahun memberikan keringanan kepada mahasiswa yang menempuh pendidikan di fakultas pertanian berupa bebas uang pembangunan dan potongan SPP sebesar 50 persen.

Hal itu disampaikan Rektor Untab Ir I Gede Made Rusdianta, M.Agb di sela-sela acara wisuda Sarjana ke 23 Untab di Denpasar Sabtu (15/12/2018).

Dikatakan, saat ini minat generasi muda menekuni sektor pertanian sangat rendah sehingga pihaknya membuat terobosa-terobosan untuk menggeliatkan kembali dunia pertanian.

Selain itu, pemberian keringanan ini juga sebagai bentuk partisipasi Untab untuk mengembalikan Kabupaten Tabanan sebagai lumbung beras nya Bali.

“Kami membuat terobosan-terobosan khusus mahasiswa yang mau kuliah difakultas pertanian akan diberikan kemudahan berupa bebas uang pembangunan  dan potongn SPP sebesar 50 persen. Dengan demikian Tabanan bisa tetap menjadi daerah lumbung beras,” ucapnya.

Rusdianta mengatakan, kualitas lulusan Untab terus meningkat yang dapat dilihat dari nilai Indeks Prestasi Komulatif yang diraih wisudawan-wisudawati dari tahun ke tahun meningkat.

Pada Wisuda tahun ini IPK tertinggi 3,88 diraih Ni Kadek Wiwik Triana Dewi dari Fakultas Hukum , disusul I Putu Joniada dengan IPK 3,69 dari Fak. Ekonomi dan  Ni Putu Ony Ardia Garini dengan IPK 3,67 dari Fak. Ekonomi.

Rusdianta menambahkan Untab juga terus mendorong para dosennya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S3 sehingga pada akhirnya nantinya semua dosen berpendidikan S3.

Hal senada disampaikan Ketua Yayasan Untab Drs I Gst Ngurah Surya Negara, M.Ap yang mengatakan, guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan dunia pendidikan, Untab tahun 2019 akan membuka Prodi Agribisnis dan Sistem Informatika Manajemen. Selain itu juga akan dibuka program Pasca Sarjana untuk ilmu hukum dan ilmu ekonomi.

Sementara dari L2Dikti Ir Anak Agung Rai Indrayana, M.Si  meminta para lulusan Untab terus membekali diri dengan berbagai pengetahuan agar dapat bersaing pada era revolusi industri 4.0. Dikatakan, diera ini beberapa jenis pekerjaan akan hilang akibat kemajuan teknologi. Karena itu Ia minta Untab focus mengembangkan Program Studi yang berbasis teknologi.

Wisuda Untab yang diikuti wisudawan-wisudawati dari Fakultas ekonomi, Hukum dan Pertanian juga dihadiri Wakil Bupati Tabanan Dr I Komang Gede Sanjaya.


Cari