Image

Fakultas Hukum Dan Fakultas Sains dan Teknologi Untab Lakukan Pelepasan Calon Wisudawan

KBRN,Tabanan: Upacara Pelepasan calon Wisudawan Fakultas Hukum serta Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Tabanan berlangsung ditempat sama pada  Selasa (19/12/2023). Kegiatan ini merupakan rangkaian dari pelaksanaan Upacara Wisuda Sarjana Universitas Tabanan yang ke - 28 yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 Desember 2023 di BNDCC (Bali Nusa Dua Convention Center).


Laporan kegiatan pelepasan kedua Fakultas ini disampaikan Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Tabanan Ir. I Nengah Sukasana,M.P. Dijelaskan Fakultas Sains dan Teknologi, yang terdiri dari 3 program studi, melepas calon wisuda sebanyak 27 orang yang terdiri dari     PS. Agroteknologi sebanyak 10 orang, PS. Agribisnis 4 orang dan      PS. Sistem Informasi tercatat 13 orang.


Dekan FST Sukasana menambahkan, sampai saat ini Fakultas Sains dan Teknologi telah menamatkan sarjana pertanian Prodi Agroteknologi sebanyak 342 orang sarjana sejak berdiri dari tahun 1981, sedangkan Program studi Agribisnis dan Sistem informasi kali ini merupakan lulusan perdana sejak berdiri dari empat tahun yang lalu.


Dikatakan, saat ini tahun akademik 2023/2024 jumlah mahasiswa aktif pada Prodi Agroteknologi sebanyak 27 orang,, Prodi Agribisnis 24 orang dan Prodi Sistem Informasi dengan jumlah 70 orang.


Sementara itu Dekan FST Sukasana juga menyampaikan laporan dari Fakultas Hukum. Untuk Fakultas Hukum  dengan program studi Ilmu Hukum melepas sarjana Hukum sebanyak 118 orang. Sejak berdiri tahun 1981 sampai saat ini Fakultas Hukum telah menamatkan sarjana Hukum sebanyak 2.058 orang. Sedangkan jumlah mahasiswa aktif pada Fakultas Hukum tahun akademik 2023/2024 sebanyak  302 orang.

Calon wisudawan yang memperoleh Indeks Prestasi akademik (IPK) tertinggi dari  Fakultas Sains dan Teknologi yaitu  Prodi Agroteknologi tertinggi I  diraih Kadek Juliada, S.P   dengan IPK 3,87 kemudian dari Prodi Agribisnis tertinggi I adalah I  Gusti Made Sumerta, S.P dengan IPK  3,71 sementara dari Prodi Sistem Informasi tertinggi I diraih Kadek Daniela Paramita, S.Kom dengan IPK  3,68.


Dari Fakultas Hukum perolehan IPK  tertinggi I yaitu  I  Made Arsana  SH dengan IPK  3,86  dan  Agung Sunarbawa Evert Lam, SH dengan  IPK   3,86. Sementara tertinggi II diraih  I Nengah Astiana Meilyastawa, SH dengan IPK  3,82 dan tertinggi III diraih I Wayan Sudarmayasa, SH dengan  IPK 3,79.


Dekan FST Wayan Sukasana menjelaskan tentang pelaksanaan akademik baik di Fakultas Sains dan Teknologi, maupun di Fakultas Hukum telah terlaksana dengan baik yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi sesuai dengan Permen Ristekdikti No 44 tahun 2015 yang dirubah dengan Permendikbud No 3 tahun 2020, dimana setiap Perguruan Tinggi minimal memenuhi 24 standar Pendidikan. 


Dikatakan, Universitas Tabanan dengan Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) telah memenuhi standar-standar tersebut, dan bahkan telah  melampaui standar yang ditetapkan yaitu sebanyak kurang lebih  33 standar.

 

“ Untuk dapat mewujudkan Standar Pendidikan Tinggi  tersebut, kami dari jajaran pengelola Fakultas, tentunya dengan dukungan dari pihak yayasan Universitas Tabanan secara terus menerus melakukan perbaikan mutu dan peningkatan kwalitas diberbagai bidang, diantaranya melaksanakan Tri Dharma Pendidikan Tinggi secara konsisten dalam Pendidikan pengajaran, Penelitian dan pengabdian pada masyarakat dan melaksanakan ketentuan dan peraturan dari Pemerintah melalui Kemendikbud dan BAN-PT dengan melaksanakan akreditasi,” ucapnya.


Wayan Sukasana juga mengatakan, Untab tetap berkomitmen mempertahankan dan meningkatkan kualitas proses penyelenggaraan pembelajaran  melalui peningkatan pelayanan akademik, kemahasiswaan, Evaluasi kegiatan Proses Belajar Mengajar, peningkatan sarana prasarana, pemenuhan jumlah dosen.


“ Melakukan peninjauan kurikulum yang sesuai dengan regulasi yang berlaku, dan yang termutakhir adalah bagaimana menerapkan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang implementasinya luaran lulusan pembelajaran (out come learning) memiliki kaitan dan kesepadanan (Link and match) dengan dunia usaha dan dunia industry,” imbuhnya.

Selain itu Fakultas Sains dan Teknologi serta Fakultas Hukum  juga menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah maupun swasta agar bermanfaat bagi pembangunan masyarakat dan pengalaman belajar bagi dosen dan mahasiswa.


Dikatakan, Fakultas Sains dan Teknologi telah menjalin  Perjanjian kerjasama (PKS) khususnya Prodi Sistem Informasi dengan Dinas BKPSDM Pemerintah Kabupaten Tabanan dalam membangun system Kepegawaian secara digital yaitu “Learning manajement system” tahun 2023 yang telah berjalan dengan baik. FST juga menjalin kerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Tabanan, dalam penyusunan Master Plan Pengembangan Prasarana, Sarana, kawasan Perkebunan Kopi Robusta di Kecamatan Pupuan tahun 2023, juga telah berjalan dengan baik. Selain itu FST juga melakukan Perjanjian Kerjasama dengan PT. Pegadaian Cabang Tabanan dalam Tridharma Perguruan Tinggi. Serta dengan pihak-pihak swasta untuk meningkatkan pengalaman belajar bagi dosen dan mahasiswa dalam PKL, studi lapangan, seperti dengan Padma Herbal, Organik Farm Munduk Andong Baturiti dan pihak-pihak lainnya.


Sementara Fakultas Hukum telah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tabanan dan kabupaten Jembrana dalam pengawasan Notaris, Pemerintah Kabupaten Tabanan dalam hal Pelayanan Publik.  Perjanjian Kerjasama dengan PT. Pegadaian Cabang Tabanan dalam Tridharma Perguruan Tinggi.


Atas nama keluarga besar Fakultas Sains dan Teknologi serta Fakultas Hukum Universitas Tabanan pihaknya mengucapkan selamat dan sukses kepada seluruh peserta Calon Wisudawan/i yang telah menyelesaikan studi dengan baik.

 

“ Kami berharap gelar kesarjaan (S1) Saudara/Saudari dapat menjadi bekal untuk memperluas manfaat ilmu dengan nilai-nilai sesuai dengan Visi dan Misi Universitas Tabanan yaitu Berkompetensi, berjiwa kewirausahaan dan berbudaya,” ujarnya.


Diharapkan ke depan  keberlanjutan dari Fakultas Sains dan Teknologi serta Fakultas Hukum  dapat tetap eksis dan berkembang semakin baik. Untuk itu peran dan komitmen yayasan sangat diperlukan dalam pemenuhan sarana prasarana pendidikan, pemenuhan jumlah dosen dalam kualifikasi pendidikan maupun jabatan akademik dosen, dan perbaikan-perbaikan manajemen pendidikan.


Sementara dari pihak Yayasan Untab diwakili Dr.Drs.I Gusti Nengah Darma Diatmika, M.M menyampaikan pesan kepada para calon wisudawan agar siap berkompetisi ketika kembali kemasyarakat dengan bekal ilmu yang diperoleh selama kuliah di Untab. “ Para lulusan sarjana ini nanti akan dikelompokkan menjadi tiga bagian yaitu lulusan yang akan mencari kerja, ada yang sudah bekerja dan diharapkan ada yang menciptakan lapangan kerja,” ucapnya.

I Gusti Nengah Darma Diatmika juga mendorong para dosen terus meningkatkan kualitas diri dengan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi baik dengan biaya sendiri maupun beasiswa. 

Acara pelepasan calon wisudawan Fakultas Hukum serta Fakultas Sains dan Teknologi ini dihadiri undangan dari jajaran rektorat, pihak yayasan, para pimpinan Fakultas  serta para dosen.  


Sumber : https://www.rri.co.id/denpasar/daerah/487190/fakultas-hukum-dan-fakultas-sains-dan-teknologi-untab-lakukan-pelepasan-calon-wisudawan